Saya dan Penelitian

Mahasiswa Semester 8 yang diatur oleh jadwal..jadwal kolokium, jadwal penelitian, jadwal draft, dan jadwal sidang.. ya mahasiswa yang mau tak mau mengikuti jadwal. Ikut jadwal silakan, tak ikut jadwal juga silakan.. pilihan ada di tangan individu semester 8.

Cukup untuk masalah jadwal! Mari kita lihat kenyataan, lihat permasalahan di lapangan.

Curcol masalah uji coba kuesioner. “Hah emang harus memakai seperti itu ya?” “Emang perlu ya??”. Yah.. itu juga pandangan masing-masing, kalau merujuk buku Singarimbun sih PERLU! Uji Coba (Validitas & Reabilitas) menunjukkan ke-ILMIAH-an penelitian kita. “Tapi kan repot!” yah.. mau tak mau..! Mau tak mau disini diartikan oleh diri saya sendiri: Sebenernya saya juga tak mau, tapi dari dosen di “wajib”kan. Umm.. ga ada ruginya juga sih uji kuesioner, masalahnya itu ibaratnya “kunci” untuk menuju penelitian yang “sebenarnya” bagi ilmu sosial.

Oke, dilanjutkan pendekatan ke tempat penelitian adalah “HAL WAJIB”. Anda DITOLAK? jangan patah semangat!! Bagi peneliti yang respondennya adalah “manusia” seharusnya ini bukan hal yang ditakutkan, ini adalah tantangan! (menabahkan hati sendiri #euuh). Ya, kan manusia mana yang tidak bisa diluluhkan (ah.. tetep usaha!).

2 thoughts on “Saya dan Penelitian

    1. iya tapi itu sudah menjadi konsekuensi dari suatu penelitian.. apakah ada cara yang lebih ilmiah juga tapi lebih tidak menyita waktu? tapi alhamdulillah 2 hari saya sudah selesai uji coba kuesioner.. semuanya butuh perjuangan😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s