Saat Menolong Teman Adalah Keikhlasan

cuma pengen sharing aja kepada semuanya tentang pengalaman hari ini…

seorang teman meminta say untuk membantunya melakukan sesuatu hal yang saya suka, sebut saja memasak.

ya, memasak untuk “proyek” dia. saya merasa senang membantunya..

tapi, ada suatu hal yang memang tidak bisa saya sangkal dalam perasaan saya.. dan mungkin orang lain juga merasakannya.. “permintaan tolong”

sangat krusial dan sensitif apabila meminta teman kita membantu kita. “teman akan membantu dengan ikhlas, tanpa dimintai untuk membantu🙂 ”

ya, seharusnya anda tidak meminta tolong kepada teman anda menggunakan kalimat berikut ” kamu bisa bantu aku tidak?” secara cermat, kalimat tersebut bernada memerintah, untuk yang tidak terlalu sensitif, kalimat tersebut terdengar biasa, lalu apa kabar dengan orang-orang yang sensitif?? apalagi kalimat tersebut anda tujukan pada sahabat anda!! SANGAT TIDAK DISARANKAN!!

seharusnya kalimat yang anda ajukan adalah “aku lagi sibuk dengan pekerjaan ini dan aku merasa kewalahan, kira-kira kamu sedang sibuk tidak?” SAYA LEBIH SUKA KALIMAT ini! =) kenapa begitu? saya akan lebih mengerti apa yang diinginkan teman saya dan akan lebih siap membantunya dengan ikhlas dibanding menggunakan kata yang bersifat memerintah tadi🙂

bahkan apabila pekerjaan yang akan kita bantu tersebut adalah pekerjaan yang menyenangkan bagi kita.. pasti SANGAT IKHLAS =)

MULAI SEKARANG RUBAHLAH KALIMAT ANDA DALAM MEMINTA TOLONG KEPADA TEMAN dan jalin pertemanan yang sehat lahir dan batin hehehe :))

2 thoughts on “Saat Menolong Teman Adalah Keikhlasan

  1. Aul,,aq terharu membaca critamu alias pengalamanmu hari ini.. terima kasih bnyak ya atas sarannya,,bs untuk jd masukan…mhon maaf kalo ad kata2 yg kurang berkenan di hatimu.. maaf ya..
    maksh atas bantuannya,,,,semga allah membalasNya…amin…
    iya,aq setuju dg kata2 yg halus dan sopan akan memiliki arti yg berbeda darpda yg seperti memerintah..maaf y, ini menjadi introspeksi diriku sendiri mgkin bs jg orang lain yg pernah mengalaminya…. maksh dah diingetin..
    Jalinan teman yg ikhlas membantu sngat baik… di saat susah atau suka tmen terdekatlah yg dibutuhkan..
    Mkasih bnyak aul(my best friend).. tx a lot..

Tinggalkan Balasan

